Minggu, 22 Februari 2015

KEPERAWATAN INTEGRATIF



KEPERAWATAN INTEGRATIF
Sejak awal, ilmu keperawatan telah terintegrasi dengan berbagai ragam disiplin ilmu penyembuhan. Florence Nightingale mengakui bahwa sebelumnya manusia telah terpisah dari lingkungannya, beliau mendesak perawat untuk mengambil bagian dalam proses perbaikan oleh alam yaitu menempatkan alam untuk bertindak atas pasien sehingga mencapai kondisi terbaik (Nightingale, 1859). Selama ini teori keperawatan telah berpegang teguh pada aspek bio-psiko-sosial-spiritual. Fokus keperawatan terletak pada totalitas respons kebutuhan dasar manusia terhadap masalah kesehatan potensial atau aktual dengan sifat holistik kompleks (ANA, 2010).

Kenyataan yang dihadapi oleh perawat di seluruh dunia selalu terlibat dalam promosi kesehatan pribadi dan penyembuhan holistik, memanfaatkan prinsip-prinsip dasar dari ilmu kesehatan, ilmu lingkungan, seni, dan sastra untuk membantu individu, keluarga, dan masyarakat menemukan kenyamanan dan makna dalam hidup mereka. Semua ini untuk meringankan penderitaan fisik, psikologis, sosial, dan spiritual. Integrasi merupakan hal terpenting dalam keperawatan sebagai disiplin dan praktek: itu menuntun pikiran, tindakan, dan hubungan kita.

 


Gambar 1. Holistic Health Model
Keperawatan integratif merupakan pengembangan dari keperawatan komplementer. Perawat integratif membentuk hubungan dengan individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, penyembuhan dan kesejahteraan klien. Bersama-sama, mereka menilai kondisi sistem untuk mengidentifikasi prioritas, mengintegrasikan kemungkinan terapi dari berbagai disiplin ilmu dan tradisi (misalnya, seni, spiritual tradisi, farmakologi, biologi dan ilmu fisiologis, arsitektur) untuk membuat dan menerapkan intervensi.
Keperawatan integratif menjadi struktur pilihan pengobatan yang unik, menggunakan bukti dari berbagai sumber pengetahuan. Perawat juga bekerja untuk mengintegrasikan berbagai disiplin dan perspektif dalam sistem kesehatan untuk membuat Pengalaman kesehatan terkoordinasi bagi pasien kami. Perawat mengintegrasikan perspektif biomedis dari dokter, ahli bedah, dan apoteker dengan kebutuhan sosial individu dan keluarga.
Perawat memanfaatkan pelayanan sosial ketika mereka menyadari bahwa keluarga tidak dapat membayar untuk perawatan dan obat-obatan yang direkomendasikan. Mereka mencari pemimpin spiritual atau memberikan konseling saat perawatan tersebut tidak konsisten dengan keyakinan kesehatan atau budaya orang tersebut.
Hubungan kepedulian perawat dalam bentuk mengintegrasikan rekomendasi yang sering berbeda dari penyedia dalam sistem kesehatan kita, membuat rencana yang berpusat pada klien, memberikan perawatan yang terhormat, mendukung, dan menyembuhkan seluruh klien yang unik. Sehubungan dengan itu, keperawatan integratif adalah cara meningkatkan kemajuan kesehatan dan kesejahteraan orang, keluarga, dan masyarakat melalui kepedulian/hubungan penyembuhan. Perawat integratif menggunakan bukti untuk menginformasikan tradisional dan muncul intervensi yang mendukung seluruh orang / seluruh sistem penyembuhan.
Keperawatan integrative berkaitan erat dengan sistem sains yang kompleks (Complex System Sciene), atau meta-teoritis perspektif kompleksitas. Pemimpin keperawatan, terutama di administrasi dan posisi kepemimpinan pendidikan, telah mengidentifikasi perspektif ini sebagai "pendekatan berpikir" yaitu menggunakan cara pengobatan lampau sebagai bentuk penghormatan dan menemukan cara baru sehingga menghasilkan metode terbaik untuk merawat orang dalam sistem pelayanan kesehatan (Zimmerman, Lindberg, & Plesk, 2008).
Kompleksitas mendorong praktek interprofesional, menawarkan beberapa suara dan pendekatan, dan mendorong kita untuk menjadi inovatif, kontemplatif, dan interpretatif. Sistem ilmu yang kompleks mengeksplorasi tentang bagian-bagian dari suatu sistem yang  menimbulkan perilaku kolektif dan sistem interaksi dengan lingkungannya "(Bar-Yam, 2004; http://necsi.org/guide/study.html; terakhir diakses 31 Oktober 2011).
Sistem adaptif kompleks (Complex Adaptif System) adalah sistem yang terbuka pada pertukaran informasi dengan lingkungan di mana mereka ada. Sistem ini saling tergantung dan mengatur dirinya sendiri, sesuai dengan karakter sifat dan lingkungan perawat berada (Kauffman, 1993). Selain itu, CAS menunjukkan pola evolusi nonlinear dan perubahan. Sebuah perubahan kecil dalam satu aspek dari sistem dapat menghasilkan efek proporsional besar di arena lokal dan global (Bar-Yam, 1997; Guastello,Koopmans, & Pincus, 2009). Perubahan dalam CAS melibatkan pertukaran informasi yang kompleks sehingga waktu memegang peranan yang sangat menonjol.
Peran konseptualisasi sangat penting ketika harus memberikan intervensi atau perubahan stimulus dan memprediksi cara maupun besarnya sistem respon (Bar-Yam, 2004; Erdi, 2008; Guastello, Koopmans & Pincus, 2009; Miller & Page, 2007).
Koithan et al. (2012) mengidentifikasi enam prinsip dasar CSS yang secara langsung berlaku untuk disiplin keperawatan. Pendekatan perawatan yang mendukung potensi penyembuhan bawaan individu, keluarga, atau komunitas. Selain itu, konsep dan prinsip-prinsip CSS dan metodologi penelitian yang muncul selaras dengan ilmu ini memberikan dasar meta-teoritis untuk ilmu pengetahuan, praktik, dan seni disiplin keperawatan.
Teori tersebut: 
1.      Manusia adalah sistem utuh tak terpisahkan dari lingkungannya Secara historis, teori keperawatan secara konsisten menyatakan bahwa manusia harus dipahami dalam konteks lingkungan mereka. Saat ini, perawat berbagi keyakinan bahwa kepedulian membutuhkan pertimbangan kebutuhan seseorang dalam seluruh situasi mereka (ANA, 2010). Martha Rogers pertama kali mengajukan bahwa medan energi manusia dan lingkungan tidak dapat dipisahkan dan multidimensi (1970). Proses ini dinamakan homeodinamika, ia mengidentifikasi tiga prinsip (resonansi, helisi, dan keutuhan) yang menjadi ciri manusia/bidang lingkungan berubah dan tumbuh dari waktu ke waktu dan orang lain bisa mengenali pola manifestasi. Prinsip kemajuan pemahaman sejarah keperawatan dari bidang manusia-lingkungan dengan menerapkan prinsip sistem ilmu kompleks diperlukan untuk ontologi holistik keperawatan. Sistem adaptif kompleks (CAS) merupakan entitas mandiri yang terdiri jejaring hubungan hierarkis terorganisir.   
2.  Manusia Memiliki Kapasitas Bawaan Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan
Ini bukan ide baru untuk keperawatan; akarnya dapat ditemukan di tulisan Nightingale, yang   mendorong perawat untuk "membantu proses reparatif yang telah dilembagakan oleh Alam "(1859/1946, p.
6). Prinsip ini juga konsisten dengan perspektif Parse tentang
kesehatan manusia.Menjadi sehat adalah proses yang berlangsung, proses intersubjektif manusia secara transenden dengan kemungkinan yang didasari keterkaitan manusia-alam(Parse, 1999). Perspektif serupa (2011) dari Watson bahwa kesehatan adalah kesimbangan jiwa, raga dan pikiran antara pribadi dan semesta alam. Menurut Kreitzer (2014) konsep kesehatan dan kesejahteraan didefinisikan sebagai keselarasan dari raga-jiwa-pikiran- yang mampu mendukung dan memaksimalkan seluruh potensi kapasitas sistem. Keperawatan integrative harus mampu melayani dari tingkat personal hingga komunitas kompleks.

3. Alam Memiliki Kontribusi Untuk Penyembuhan dan Pemulihan Kesehatan dan Kesejahteraan
Jean Watson (2011) menyatakan bahwa tujuan praktik keperawatan adalah untuk membantu orang memperoleh rasa dimaksudkan yaitu makna keberadaan mereka melalui pengetahuan diri, penghargaan diri, penyembuhan diri, dan perawatan diri. Alam sangat penting untuk penyembuhan diri dan perawatan diri; ada "hal-hal yang manusia tidak bisa lalui tanpa peran alam, setidaknya penderitaan mendalam seseorang berkurang ketika berhadapan dengan alam. Salah satunya adalah “alam perasaan kita” (Watson, 1999,p. 41). Dia mengklaim bahwa, tanpa alam, manusia menjadi mesin. Menurut Watson (1999), ketika penderitaan ini terjadi, merupakan kewajiban perawat untuk membantu pasien melihat ke dalam misteri kehidupan manusia dan untuk menemukan makna. Sering kali ini terjadi melalui kekuatan seni dan alam. Keindahan seni dan alam menginspirasi manusia untuk melakukan tindakan sesuai tujuan yang dimaksud. Mereka mampu menyatukan dirinya sesuai dengan kondisi alam. Watson (2005) juga mencatat bahwa proses peduli penyembuhan tidak mungkin terjadi tanpa budidaya sensitivitas pribadi dan pemahaman diri. Seni (lukisan, puisi, patung) membantu mengakses perasaan dan kemanusiaan kita. Estetika keindahan alam di sekitar kita membangkitkan indera dan menanamkan kemampuan mendengar  secara otentik. Estetika seni dan alam menciptakan kepekaan kami perawat untuk menyembuhkan.
4.      Keperawatan Integratif Berpusat Pada Klien dan Berdasarkan Relasi
Rosemarie Parse (1992) menyampaikan perspektif teori yang berpusat pada klien serta relasi paling lengkap. Metodologi ini bertujuan menggali pengalaman klien-perawat(1992, hal. 39). Beliau mengusulkan bahwa praktek terjadi dalam tiga dimensi (illuminating meaning, synchronizing rhythms, and mobilizing transcendence) yang didukung oleh tiga proses yang berbeda (memberi penjelasan, tinggal dengan permasalahan, dan bergerak di luar). Beliau membayangkan bahwa dasar hubungan keperawatan adalah kehadiran sejati dan penuh perhatian, mendengarkan, menciptakan cara-cara baru untuk memajukan kualitas perawatan. Perawat harus bergerak sesuai arus artinya berani berperan secara kolaboratif bahkan mempunyai kemampuan memimpin tim dari berbagai bidang.
5.Praktik Keperawatan Integratif Disertai Bukti dan Penggunaan Lengkap Berbagai Terapi Modalitas untuk Dukungan/Menambah Proses Penyembuhan, Bergerak Intensif/Invasif bahkan Lebih, Tergantung Kebutuhan dan Konteks
Tujuan dari praktek keperawatan adalah untuk mendukung kapasitas penyembuhan bawaan dan pertumbuhan individu, keluarga, atau komunitas. Intervensi difokuskan pada seluruh orang/seluruh sistem, yang mengakui bahwa perubahan dalam sistem adaptif kompleks terjadi
baik lokal maupun global, tergantung pada kondisi
sistem (yaitu, kesiapan dan sensitivitas) pada saat intervensi (Bell & Koithan, 2006;. Koithan et al, 2012).
Oleh karena itu, perawat integratif
yang terlibat dalam intervensi
mengharapkan bahwa penerima perawatan akan merespon unik dan
mungkin
dengan cara tak terduga. Sebuah massage, sementara dimaksudkan meningkatkan kondisi fisik, mungkin juga melepaskan emosi terpendam. Membersihkan luka bukan hanya memfasilitasi penyembuhan kulit tetapi juga dapat berkomunikasi dengan rasa hormat, yang memberikan kontribusi pemahaman diri dan penerimaan tubuh berubah. Perawat integratif menjadi saksi dalam proses penyembuhan ini,
mendukung hasil pribadi
secara utuh (yang terjadi dalam menanggapi maksud untuk menyembuhkan).
Peran perawat integratif adalah memberikan dukungan yang lebih invasif/alami karena intervensi yang ada didukung alam dan menggunakan kecerdasan alami dari sistem manusia-lingkungan. Intervensi yang terstruktur untuk memulai perawatan yang relatif non-invasif, seperti dengan efek samping paling sedikit atau potensi terbesar untuk mengubah tubuh jiwa pikiran penerima perawatan.
6. Keperawatan Integratif Fokus pada Kesehatan dan Kesejahteraan Para Caregivers dan Mereka Yang Melayani
Quinn (1984) mengusulkan bahwa penggunaan pengasuh mandiri adalah instrumen yang ampuh untuk penyembuhan. Namun, agar terlibat dalam penyembuhan, pengasuh juga harus terlibat penuh dalam perjalanannya. Oleh karena itu, keperawatan integratif mengakui sifat kritis kesejahteraan tenaga kerja dan kesehatannya. Kebutuhan mereka untuk dipelihara dan dirawat dengan cara yang sama bahwa mereka peduli untuk pasien. Untuk mendukung yang lain, pengasuh juga harus didukung. Watson (1999; 2005) mencatat bahwa untuk terlibat dalam perawatan-penyembuhan transpersonal, perawat harus sadar membangkitkan kemanusiaan dan sifat suci kehidupan mereka sendiri. Selain budidaya pengetahuan dan keterampilan, perawat harus terlibat dalam budidaya diri. Quinn (2009) mengidentifikasi perawat sebagai lingkungan penyembuhan yang menumbuhkan kepedulian dan penyembuhan terjadi. Perawat integratif perlu hadir untuk kesejahteraan mereka sendiri, mempertimbangkan keterbatasan, dan mencari kegiatan yang memberi makan semangat pikiran tubuh mereka sehingga mereka bisa.


Agustina Ari H  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar